//
you're reading...
Aqidah

AQIDAH KITA PADA ISA AL-MASIH


Berikut beberapa keyakinan [akidah] kita yang benar terhadap Isa Al-Masih:

1. Ahlussunnah Wal Jama’ah mengimani dan meyakini sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam berikut ini: Dari Ubadah bin Shamit Radhiyallahu Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda. “Barang siapa mengucapkan: Aku bersaksi bahwa tidak ada Ilah yang berhak diibadahi melainkan Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya dan bersaksi bahwa Nabi Isa Alaihis Salam adalah hamba Allah dan anak hamba-Nya, serta [ia diciptakan dengan] kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam dan [dengan tiupan] ruoh dari-Nya, bahwa surga itu benar dan bahwa neraka itu benar, maka Allah akan memasukkannya melalui pintu dari delapan pintu surga mana saja yang ia inginkan.” [HR. Muslim: 41]
Maka Isa Alaihissalam adalah hamba Allah bukan tuhan yang disembah, ia adalah rasul serta penutup para nabi Bani Isrâil. Allah menciptakannya dengan kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan dengan tiupan ruh dari-Nya. Allah Ta’ala berfirman, “Al Masih putra Maryam hanyalah seorang Rasul yang sesungguhnya telah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar, kedua-duanya biasa memakan makanan.” [QS. Al-Mâidah:75]
———————-
 Maksud dari kata ‘Serta [Isa diciptakan dengan] kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam” adalah bahwa Isa tercipta dalam kandungan ibunya hanya dengan kalimat atau kata ‘Kun’ [jadilah] fa Yakûn [maka jadilah ia]. Dan inilah suatu bukti kekuasaan AllahTa’ala, bahwa Dia mampu menganugrahkan anak kepada seseorang tanpa sebab-sebab tertentu [tanpa pernikahan sebelumnya]. Bahwa Dia mampu mencipta sesuatu cukup dengan ungkapan ‘kun’ saja.
 Sedang maksud dari kata, “Dan [Isa dicipta dengan tiupan] ruh dari-Nya” adalah bahwa Isa diciptakan dari ruh yang diciptakan oleh Allah. Kata ‘min’ [dari-Nya] pada hadits ini tidak menunjukkan pada makna bahwa ruh yang ditiupkan kedalam rahim Maryam adalah ‘bagian dari Allah’ tetapi bermakna bahwa ruh yang ditiupkan itu dari ciptaan-Nya dan dari sisi-Nya.”

2. Ahlussunnah wal Jamaah meyakini bahwa barangsiapa yang berkata; bahwa Allah itu adalah Al-Masih bin Maryam, Isa itu adalah anak Allah atau Allah adalah salah satu dari yang tiga’ maka kafirlah dia. Allah Ta’ala berfirman: Artinya: Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah adalah Al Masih putra Maryam” [QS. Al-Maidah: 72]. Allah Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga.” [QS. Al-Maidah: 73].

3. Ahlussunnah wal Jamaah meyakini bahwa Nabi Isa tidak disalib, tidak dibunuh, tetapi yang mereka bunuh ialah orang yang diserupakan dengan ‘Isa. Namun Aqidah yang benar adalah Isa tidak dibunuh, tidak disalib, ia diangkat oleh Allah kelangit dalam keadaan hidup dengan ruh dan jasadnya. Beliau masih hidup dilangit, tidak mati hingga ia diturunkan pada akhir zaman nanti. Allah Ta’ala berfirman: Artinya: Dan karena ucapan mereka: “Sesungguhnya Kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan ‘Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” [QS. An-Nisa`: 157 dan 158]

4. Ahlussunnah wal Jamaah meyakini bahwa bahwa Isa Alaihissalam akan turun diakhir zaman, menghukumi manusia dengan keputusan yang adil, mengikuti syariat Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, menghancurkan salib, membunuh babi dan menghapus jizyah. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Demi jiwaku yang berada dalam genggamannya, sudah dekat saatnya dimana akan turun pada kalian [‘Isa] ibnu Maryam sebagai hakim yang adil. Dia akan menghancurkan salib, membunuh babi, menghapus jizyah, dan akan melimpah ruah harta benda, hingga tidak ada seorang pun yang mau menerimanya.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

5. Ahlussunnah wal Jamaah meyakini bahwa kitab Injil adalah kitab samawy yang diturunkan dari Allah Ta’ala, didalamnya terdapat petunjuk dan peringatan kepada orang-orang yang bertakwa. Dan Allah telah memerintahkan kepada orang-orang Nashara untuk berhukum dengan apa-apa yang Allah turunkan padanya. Allah Ta’ala berfirman: Artinya, “Dan hendaklah orang-orang pengikut Injil, memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah di dalamnya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik.” [QS. Al-Mâidah: 47].
Namun Injil yang ada ditangan ahlul kitab saat ini tidaklah sah dinisbatkan semuanya kepada para nabi dan rasul Allah. Lantaran telah banyak terjadi perubahan dan pergantian. Sehingga kita wajib menolak dan tidak beriman dengannya kecuali apa-apa yang datang pembenarannya dari Al-Qur`an dan As-Sunnah. Allah Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya di antara mereka ada segolongan yang memutar-mutar lidahnya membaca Al Kitab, supaya kamu menyangka yang dibacanya itu sebagian dari Al Kitab, padahal ia bukan dari Al Kitab dan mereka mengatakan: “Ia (yang dibaca itu datang) dari sisi Allah, padahal ia bukan dari sisi Allah. Mereka berkata dusta terhadap Allah, sedang mereka mengetahui.” [QS. Ali Imrân: 78].

Demikianlah penjelasan kami tentang apa saja yang harus kita yakini tentang Nabi Isa Alaihis salam. Mudah-mudahan bermanfaat.

Abu Halbas Muhammad Ayyub
Dukuh-Jember 17 Des 2009

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: