//
you're reading...
Dasar Ilmu, Pengetahuan Umum

MATAN BERMUTU UNTUK PARA PENUNTUT ILMU [4-BAGIAN AKHIR]


[Nahwu]

Kedudukan ilmu Nahwu teramat penting dalam membantu memahami Al-Quran dan As-Sunnah. Oleh itu,  tidak diperkenankan bagi seorang penuntut ilmu melalaikan ilmu yang satu ini. Ibnu Umar radhiyallahu anhu pernah memukul putranya karena sang putra salah dalam membaca.[1] Asy-Sya’bi berkata, “Kedudukan Nahwu dalam ilmu bagai garam dalam makanan [Ia amat diperlukan][2]

Sebaik-baik matan nahwu untuk pemula adalah [Matan Al-Ajrûmiyyah], karena ia adalah matan nahwu yang paling mudah ibaratnya dan tergolong ringkas. Saat menekuni matan ini, jangan lupa mempelajari syarahnya, yaitu [Syarah Asy-Syaikh Al-Kafrâwy][3] dan [Hâsyiyah Asy-Syaikh Abdurrahman bin Al-Qâsim][4].

Setelah menguasai matan ini, maka berpindahlah ke matan yang lainnya. Dan yang paling utama setelahnya adalah [Qathrun Nada Wabilush Shada] Karya Imam Abu Muhammad bin Hisyâm Al-Anshâri[5], atau matan [Muqaddimah Al-Azhâriyah] oleh Syaikh Khâlid Al-Azhary.

Jika dua matan ini atau salah satunya telah terhafalkan maka berpindahlah pada matan lainnya, yaitu matan [Alfiyah Ibnu Mâlik] rahimahullah. Karena matan yang satu ini cukup mewakili matan-matan lainnya yang di susun dalam bentuk nazham.

Ada banyak syarah [penjelas] untuk matan Alfiyah ini, diantaranya:

[Syarah Al-Makûdi], [Syarah Al-Bahjatul Mardhiyah] karya As-Suyûthi. Kedua syarah ini diformat dalam bentuk yang ringkas, [Syarah Ibnu ‘Aqîl], syarah ini tidak begitu panjang dan juga tidak begitu ringkas[6], [Syarah Al-Asymûny] syarah ini tergolong panjang. [Syarah Al-Murâdy].

 

[Sejarah/Shirah Nabawiyah]

Hendaklah para penuntut ilmu mengkaji kitab [Al-Fushûl Bi Shîratir Rasûli Shallallâhu ‘alaihi wa sallam] Karya Al-‘Allâmah Al-Imâm Ibnu Katsîr. Kitab ini memiliki dua cetakan yang bagus: Cetakan pertama: Cetakan yang ditahqîq oleh Asy-Syaikh Al-Julaimy. Sedang cetakan kedua di tahqîq oleh Bâsim Al-Jawâbirah dan ‘Ali Al-Halaby. Selain kitab ini, kitab bermutu lainnya dalam sejarah adalah apa yang ditulis oleh Ibnu Katsîr dalam mukaddimah [Al-Bidâyah wa An-Nihâyah] dimana mukaddimah ini telah dicetak secara terpisah dalam 4 jilid yang diberi judul dengan [As-Siratun Nabawiyah].

Kitab Sejarah lainnya yang tidak kalah bermutu dengan kitab-kitab sebelumnya adalah kitab [As-Siratun Nabawiyyah] Karya Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhâb. Untuk kitab-kitab yang datang belakangan, maka pelajarilah kitab [As-Siratudz Dzahabiyyah Ash-Shahihah] oleh Asy-Syaikh Ath-Tharhûny (dicetak dalam dua jilid) dan kitab [Shahih As-Siratun Nabawiyyah] Karya Asy-Syaikh Ibrâhim ‘Al-‘Aliy (yang diberi kata pengantar oleh Asy-Syaikh ‘Umar Al-Asyqar) cetakan ke-2. Kitab [As-Siratun Nabawiyyah] karya Ibnu Hisyâm juga dapat dijadikan referensi dalam hal ini [dan tahqiq yang baik untuk kitab ini adalah yang ditahqiq oleh ‘Ali Al-Mu’awwidh dan ‘Âdil ‘Abdul Maujud] Cetakan; Al-‘Ubaikân.

 

 

Abu Halbas Muhammad Ayyub

DukuhDempok-Jember. 22-02-2011

 

 

 

 



[1] Lihat Jâmi’ Bayân Al-‘Ilmi wa Fadhlihi 2/186

[2] [Dikeluarkan oleh Al-Khathîb dalam Al-Jâmi’ Li Akhlâqir Râwi 2/28 (no: 1080) Cetakan: Ath-Thahhân.

[3] Kitab ini memiliki cetakan baik dan bermutu milik Mâzin bin Sâlim Bawâzir.

[4] Jangan sampai terluput dengan Syarah Al-‘Allâmah Muhyiddin ‘Abdul Hamid. Karena ia adalah syarah yang amat bernilai.

[5]Syaikh Shalih Al-Fauzân memiliki syarah untuk kitab ini yang berjudul [Ta’jîlun Nada Bi Syarhi Qathrun Nada] Cetakan Ar-Rusyd.

[6]Jangan lupa, bahwa diantara ulama ada yang telah mengurai dan mensyarah kitab ini semisal Al-Imâm Jamâluddin ibnu Hisyâm dalam kitabnya yang berjudul [Audhâhul Masâlik Ila Alfiyyah Ibnu Mâlik] Cetakan: Muhyiddin. Dan kitab ini memiliki Hasyiyah yang berjudul [Dhiyâ`us Sâlik] Cetakan: Ar-Risalah. Dan Hasyiyah bermutu karya Asy-Syaikh Khâlid Al-Azhary (905 H) dengan judul [At-Tashrîh Bi Madhmûnit Taudhîh]. Dan juga , jangan lupa Syarah Asy-Syaikh ‘Abdullah Al-Fauzân hafidzahullah dengan judul [Dalîlus Sâlik Ila Alfiyyah Ibnu Malik] Cetakan: Dâr Muslim 3 jilid.

 

 

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: