//
you're reading...
Rehat

Tipu Daya Syaithan


Salah satu tipu daya syaithan yang menakjubkan adalah, dia menyelidiki jiwa setiap orang sampai dia mengetahui kecenderungan yang mendominasi mereka, apakah kecenderungan untuk maju dan berani ataukah kecenderungan untuk diam, menahan diri, dan lemah.

Jika syaithan melihat seseorang berkecenderungan untuk diam dan lemah, maka dia membuatnya semakin malas, membuat kehendaknya untuk mengerjakan ajaran-ajaran agama terlihat semakin berat di matanya, dan membuat orang itu semakin beralasan untuk meninggalkannya.

Jika syaithan melihat seseorang berkecenderungan untuk bergerak dan bersemangat tinggi, maka syaithan akan membuatnya memandang kewajiban-kewajiban yang ditetapkan agama terlalu ringan dan tidak mencukupinya, sehingga dia perlu melaksanakan dengan cara yang lebih rumit dan lebih memberatkan.

Jadi, syaithan menyesatkan orang jenis pertama dengan membuatnya tidak menunaikan ibadah secara sempurna dan menyesatkan orang jenis kedua dengan membuatnya beribadah secara berlebihan.

Kebanyakan manusia terjerumus ke-kedua perangkap syaithan itu; yaitu lembah ‘serba minimum’ dan lembah ‘serba maksimum dan melewati batas’. Yang selamat darinya sangat sedikit. Sangat sedikit orang yang teguh mengikuti metode yang diajarkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam.

[Ibnul Qayyim dalam kitabnya Ighatsah al-Lahfan min Masyahid asy-Syaithan 1/115-116].

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: