//
you're reading...
Aqidah

Bulan Sial Pernikahan


Soal:

Benarkah ada bulan-bulan sial untuk menikah? Apakah meyakini hal itu dapat mencederai akidah? []

Jawab:

Penganggapan sial terhadap sesuatu; baik itu berkenaan dengan hari, bulan, tahun, tanggal, pohon, orang, suara burung gagak, tempat, dan lain sebagainya; adalah perbuatan terlarang dalam syari’at bahkan tergolong dalam perbuatan syirik.

 

Penganggapan sial ini dalam bahasa Arab disebut dengan istilah ‘Tathayyur atau Thiyarah.’ Ibnu Hajar dalam kitab Fathul Bâri’ 10/212 berkata, ‘Asal tathayyur itu adalah orang-orang pada masa jahiliyah mereka sangat bersandar pada thair (burung). Jika salah seorang diantara mereka ada yang hendak keluar karena suatu keperluan, apabila ia melihat burung terbang ke arah kanan ia merasa mujur dan akan meneruskan perjalanan. Tetapi apabila ia melihatnya terbang ke arah kiri ia akan merasa pesimis (merasa sial) dan mengurungkan perjalanannya. Bahkan di antara mereka ada yang sengaja-sengaja melepaskan burung agar burung itu terbang dan dapat dijadikannya sebagai sandaran …’

 

Tathayyur (menganggap sial terhadap sesuatu) terlarang dalam Islam karena telah melanggarprinsip tauhid dari dua sisi. Pertama, Orang yang bertathayyur tidak memiliki rasa tawakkal kepada Allah dan senantiasa bergantung kepada selain Allah. Kedua, Ia telah bergantung kepada sesuatu yang tidak ada hakikatnya dan merupakan sesuatu yang termasuk takhayyul dan keragu-raguan. [Lihat al-Qaulul Mufid ‘Ala Kitabit Tauhid oleh Syaikh ‘Utsaimin 1/559-560].

 

Tentang syiriknya tathayyur ini, adalah seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam :

 

الطِّيَرَةُ شِرْكٌ، الطِّيَرَةُ شِرْكٌ، وماَ مِنَّا إلاَّ، وَلَكِنَّ اللّهض يُذْهِبُهُ بِالتَّوَكُّلِ

‘Thiyarah itu syirik, thiyarah itu syirik, thiyarah itu syirik, dan setiap orang pasti (pernah terlintas dalam hatinya sesuatu dari hal imi). Hanya saja Allah menghilangkannya dengan tawakkal kepada-Nya.’ [Shahih. HR. Abu Dawud 3910, at-Tirmidzi 1614, Ibnu Majah 3538. Dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albany dalam Shahihul Jami’ 3960 dan dalam ash-Shahihah 430].

 

Di samping itu, akibat lain yang akan diperoleh oleh mereka yang percaya pada kesialan adalah tidak tergolong dari 70 ribu orang yang masuk Syurga tanpa hisab dan diadzab. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

 

‘… mereka adalah orang-orang yang tidak minta diruqyah (ruqyah syirik), tidak berobat dengan besi panas, tidak tathayyur, dan kepada Tuhannya mereka bertawakkal …’ [HR. Bukhari 5705; 5752; 6541 dan Muslim 220].

 

Ibnul Qayyim berkata, ‘Orang yang percaya pada kesialan itu tersiksa jiwanya, sempit dadanya, tidak pernah tenang, buruk akhlaknya, dan mudah terpengaruh oleh apa yang dilihat dan didengarnya. Mereka menjadi orang yang paling penakut, paling sempit hidupnya, dan paling gelisah jiwanya banyak memelihara dan menjaga hal-hal yang tidak memberi manfaat dan mudharat kepadanya, tidak sedikit dari mereka yang kehilangan peluang dan kesempatan (untuk bebruat kebajikan).’ [Miftah Daris Sa’adah III/273].

 

Kesimpulan

 

Jika menghindari hari atau bulan-bulan tertentu dalam penentuan masa pernikahan karena alasan masa panen belum tiba atau alasan-alasan lainnya yang dapat mengganggu kelancaran pernikahan, maka hal itu diperbolehkan. Adapun jika menghindar dari bulan-bulan tersebut lantaran ada keyakinan-keyakinan khusus bahwa hal itu dapat mendatangkan kesialan (seperti pada bulan Muharram – Syura – ), atau karena hanya mengikuti tradisi nenek moyang, maka hal tersebut dilarang oleh syari’at.

 

 

Abu Halbas Muhammad Ayyub

DukuhDempok, Jember 1433H

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: