//
you're reading...
Fiqih

Bertasbih, Bertahmid, Dan Bertakbir Kurang Dari 33 Kali


Soal:

Bolehkah kita bertasbih, bertahmid dan bertahlil setelah selesai shalat fardhu kurang dari 33 kali?

 

Jawab:

Para ulama sepakat akan disunnahkannya berdzikir setelah shalat wajib. Sunnah ini berlaku untuk imam, makmum, munfarid (orang yang sholat sendiri), wanita, musafir, dan lain sebagainya. Dan di antara dzikir-dzikir tersebut adalah membaca Tasbih (Subhanallah) 33 kali, Tahmid (Alhamdulillah) 33 kali, Takbir (Allahu Akbar) 33 kali dan Tahlil (La ilaha Illallah) 1 kali. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ سَبَّحَ اللَّهَ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَحَمِدَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَكَبَّرَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ فَتْلِكَ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ وَقَالَ تَمَامَ الْمِائَةِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ غُفِرَتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ

‘Barangsiapa yang bertasbih setiap selesai melakukan shalat sebanyak 33 kali, bertahmid sebanyak 33 kali, dan bertakbir sebanyak 33 kali, maka hal itu berjumlah menjadi 99, dan untuk melengkapi jumlah 100, ia mengucapkan, La Ilaha Illallah Wahdahu La Syarika Lahu, Lahul Mulku, Walahul Hamdu Wa Huwa ‘Ala Kulli Syai-in Qodir’ maka kesalahan-kesalahannya diampuni walau seperti buih di lautan’. [HR. Muslim 597].
Apakah Terpatok Pada Hitungan 33 Saja?

Tidak terpatok pada hitungan 33 saja. Tasbih, tahmid, dan takbir masing-masing dapat dibaca 25 kali, 11 kali, atau 10 kali saja.

Dalil Tasbih, Tahmid, Dan Takbir Masing-masing dibaca 25 kali.

Dari Zaid bin Tsâbit radhiyallâhu ‘anhu ia berkata : “Mereka diperintahkan bertasbih setiap selesai melakukan shalat sebanyak 33 kali, bertahmid sebanyak 33 kali, dan bertakbir sebanyak 34 kali, lalu seorang laki-laki dari kalangan Anshâr bermimpi, dimana  dalam mimpinya ia didatangi oleh seseorang seraya bertanya, “Apakah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan kalian untuk bertasbih setiap selesai shalat sebanyak 33 kali, bertahmid sebanyak 33 kali, dan bertakbir 34 kali?” Orang Anshar itu menjawab, “Iya.” Orang itu berkata, “Jadikanlah hitungannya 25 kali dan  tambahkan pula tahlil didalamnya.” Tatkala tiba waktu Shubuh, ia mendatangi Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Salla dan menceritakan hal itu kepadanya. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam  bersabda, ‘Jadikankah dzikir kalian sebanyak bilangan itu.’ [HR. an-Nasai 1351 dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albâni].

Dalil Tasbih, Tahmid, Dan Takbir Masing-masing dibaca 11 kali.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Hendaklah kalian bertasbih, bertahmid, dan bertakbir seusai shalat sebanyak 33 kali, (dengan rincian) 11 kali (untuk Tasbih), 11 kali (untuk Tahmid), 11 kali (untuk Takbir) yang demikian itu seluruhnya berjumlah 33 hitungan.’ [HR. Muslim].

Dalil Tasbih, Tahmid, Dan Takbir Masing-masing dibaca 10 kali.

Dari Abdullah bin ‘umar Radhiyallahu ‘anhu dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam ia berkata,  ‘Ada dua perkara atau dua pekerti yang tidak ada seorangpun hamba muslim jika ia memeliharanya, melainkan ia masuk syurga. Keduanya sangatlah  mudah (ringan) tetapi orang yang mengamalkannya sangat sedikit, yaitu bertasbih kepada Allah setiap kali selesai salat sebanyak 10 kali, bertahmid sebanyak 10 kali, dan bertakbir sebanyak 10 kali …’ [Shahih].

 

Menyikapi bilangan dzikir yang beragam

Yang benar, formula-formula dzikir yang disebutkan di atas lebih utama untuk diamalkan semuanya. Maksudnya, pada suatu waktu jenis hitungan ini dibaca dan pada waktu yang lain jenis hitungan lainnya dibaca. Dengan demikian semua sunnah-sunnah Rasul Shalallahu ‘alaihi wasallam dapat teramalkan tanpa mengabaikan salah satunya.

 

 

Abu Halbas Muhammad Ayyub

Jember, Rabi’ul Awwal 1433 H.

Diskusi

One thought on “Bertasbih, Bertahmid, Dan Bertakbir Kurang Dari 33 Kali

  1. Al-Ahzab:041
    يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا
    Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.

    Al-Ahzab:042
    وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا
    Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.

    Al-Ahzab:043
    هُوَ الَّذِي يُصَلِّي عَلَيْكُمْ وَمَلَائِكَتُهُ لِيُخْرِجَكُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِينَ رَحِيمًا
    Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.

    Al-A`raaf:205
    وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ وَلَا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ
    Dan sebutlah (nama) Tuhannmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termask orang-orang yang lalai.

    Posted by andri73 | April 2, 2012, 10:40 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: