//
you're reading...
Rehat

Habbatus Sauda` (Jintan Hitam)


Terdapat banyak hadits shahih yang menjelaskan tentang kemujarabannya. Habbatus Sauda’ atau di negeri kita dikenal dengan istilah jintan hitam adalah obat untuk segala penyakit. Di antara hadits-hadits tersebut adalah:

1)       Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Tidaklah ada suatu penyakit, kecuali dalam habbatus sauda’ terdapat kesembuhan baginya, kecuali as-sam.’ [HR. al-Bukhari 5364 dan Muslim 2215].

2)       Dari Khalid bin Sa’ad Radhiyallahu ‘anhu, ‘Suatu ketika aku keluar bersama Ghalib bin Abjar. Di tengah perjalanan ia jatuh sakit. Sesampainya di Madinah, Ghalib tetap sakit. Ketika Ibnu Abu Atiq menjenguknya, maka ia menyarankan kepada kami, “Carikan Habbatus Sauda”, ambil sebanyak sampai tujuh biji, lalu tumbuklah sampai lembut. Setelah itu berilah sedikit minyak, teteskanlah pada bagian hidung dan bagian-bagian tubuh yang lain. Soalnya ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha pernah bercerita kepadaku bahwa ia mendengar Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Sesungguhnya habbatus sauda’ ini merupakan penyembuh dari segala macam penyakit, kecuali as-sam.’ Saat aku tanyakan, kata ‘Aisyah, ‘Apa itu as-sam?’ Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘As-sam ialah kematian.’ [HR. al-Bukhari 5363].

 

Beberapa Catatan Penting

1)       Ketahuilah, bahwa habbatus sauda’ adalah penyembuh untuk segala penyakit adalah merupakan ketetapan dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam, yang mana beliau adalah seorang yang tidak berbicara berdasarkan hawa nafsu, tetapi ia adalah wahyu yang datang dari Allah Yang Maha Mulia yang telah menurunkan obat tersebut kepada beliau sebagai rahmat bagi beliau dan bagi ummatnya.

2)       Berobat dengan habbatus sauda’ harus disertai dengan keyakinan dan kesabaran. Keyakinan terhadap sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam tentang habbatus sauda’ adalah penyembuh segala penyakit serta mempercayainya dengan sebenar-benarnya lalu bersabar hingga pengobatan ini membuahkan hasil.

3)       Berbeda dengan obat-obat lainnya, habbatus sauda’ selain berobat murni dengannya (tanpa menggunakan campuran apapun), ia boleh juga dikomplikasikan dengan obat yang lainnya, boleh ditumbuk halus boleh juga tidak, boleh dijadikan sebagai makanan dan boleh juga sebagai minuman, boleh dijadikan sebagai tetes hidung dan boleh juga sebagai salep, dan lain sebagainya.

4)       Berulang kali menggunakan terapi nabawi akan lebih berkhasiat dan lebih manjur, seperti halnya berulang kali menggunakan obat-obat alami.

Demikian keterangan kami tentang habbatus sauda’ berikut dengan penjelasannya. Mudah-mudahan bermanfaat.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: