//
you're reading...
Fiqh Wanita

Bekas Darah Haid


Soal: Bagaimana dengan bekas darah haid yang tidak juga hilang setelah dicuci?

 

Jawab:  Darah haidh adalah najis, demikian kesepakatan ulama sebagaimana yang disebutkan oleh Imam an-Nawawi dalam kitabnya Syarh Muslim 1/588, ‘Kenajisannya tidak dimaafkan meskipun sedikit. Untuk itu wajib dibersihkan ketika ia mengenai baju dan badan.’ Asma’ binti Abu Bakar berkata: Seorang perempuan pernah datang kepada Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, baju salah seorang di antara kami ada yang terkena darah haidh, lalu apakah yang harus diperbuat?’ Maka beliau Shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Keriklah ia, kemudian gosok dengan air, kemudian basuhlah/cucilah, kemudian shalatlah dengan pakaian itu.’ [Muttafaqun ‘Alaihi. HR. al-Bukhari 227 dan Muslim 291].

 

Bekas Darah Haidh

Jika upaya pembersihan telah dilakukan dengan cara mengerik, kemudian digosok dengan air, lalu dicuci setelahnya namun tetap menyisakan bekas darah pada pakaian atau badan, maka hal itu tidaklah membahayakan. Tidak mengurangi kesempurnaan kesucian, keabshahan shalat, atau ibadah-ibadah lainnya. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Khaulah pernah bertanya, ‘Wahai Rasulullah, (bagaimana) jika darah itu tidak dapat hilang?’ Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Air sudah cukup bagi kamu, (setelah itu) bekasnya tidak menjadi masalah.’ [Shahih. HR. Abu Dawud 365, Ahmad 2/364; 387, dan al-Baihaqi 2/408, dalam sanadnya ada rawi yang bernama Ibnu Lahi’ah, ia adalah rawi yang tsiqah. Hanya saja hafalannya telah tercampur (ikhtalath). Namun, hadits ini shahih melalui jalur al-Baihaqi, di mana Abdullah bin Wahb menerima (meriwayatkan) dari Ibnu Lahi’ah sebelum Ibnu Lahi’ah tercampur hafalannya. Dengan demikian, shahihlah hadits tersebut. Lengkapnya lihat ash-Shahihah 1/532].

 

Kesimpulan

Darah haidh yang membekas pada kain setelah proses pembersihan dilakukan, maka tidak dihukumi najis lagi. Wallahu A’lam.

 

 

Abu Halbas Muhammad Ayyub

Jember 1433 H.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: