//
you're reading...
Soal Jawab Ringkas

Zakat Sewa Tanah


Soal: Bagaimana aturan zakat untuk hasil sewa tanah? berapa nishabnya?


Jawab :

Mengaitkan antara tanah yang dimiliki seseorang dengan keharusan berzakat tidak lepas pada hal-hal berikut ini :

  • Jika tanah tersebut ia tanami, maka ia berkewajiban mengeluarkan zakat dari hasil pertanian tersebut berupa biji-bijian dan buah-buahan yang dapat ditakar dan disimpan jika telah mencapai nishabnya; yaitu 5 wasaq.
  • Jika tanah tersebut dipersiapkan untuk diperdagangkan, maka ia wajib mengeluarkan zakat perdagangan apabila telah mencapai nishab serta telah berlalu satu tahun.
  • Jika tanah tersebut disewakan, maka ia mesti mengeluarkan zakat atas keuntungan yang ia dapatkan apabila telah mencapai nishab serta telah berlalu satu tahun.
  • Adapun jika tanah tersebut digunakan untuk kepentingan tempat tinggal atau belum ada tujuan jelas antara ditanami, dijual, atau disewakan; maka tidak wajib dizakati.

Nishab dan Kadar Zakat Sewa Tanah

Bagi yang menyewakan sebidang tanah yang ia miliki, maka ia wajib membayar zakat harga (sewa) berupa uang bila telah mencapai nishab (seharga 85 gram emas murni) dan berlalu satu tahun dari sejak akad sewa-menyewa dengan kadar zakat 2,5%. Dari ‘Ali Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, ‘Tidak ada kewajiban zakat untukmu sehingga engkau memiliki 20 dinar (85 gram emas) dan tekah lewat setahun. Yang zakatnya adalah setengah dinar.’ [Hasan. HR. Abu Dawud 1572-1574 dan at-Tirmidzi 620].

Contoh Perhitungan

Seseorang memiliki sebidang tanah yang disewakan dengan sewa sebesar Rp. 20.000.000. Bagaimana cara  mengeluarkan zakatnya? Jawab : Kadar nishab adalah 85 gram emas. Seandainya harga setiap gram emas adalah Rp. 200.000 maka nishabnya adalah Rp. 17.000.000. Dengan demikian uang hasil sewa tanah tersebut mencapai nishab dan harus dihitung zakatnya. Besar zakat yang harus dikeluarkan : 2,5% x Rp. 20.000.000 = Rp. 500.000

Abu Halbas Muhammad Ayyub

Jember 1433 H.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: