//
you're reading...
Aqidah

Masuk Syurga Bukan Karena Amal Shalih


Soal: Benarkah seseorang itu masuk syurga bukan karena amalannya tetapi karena rahmat Allah? Bagaimana penjelasan dari ungkapan ini?

 

Jawab: Syurga adalah sesuatu yang agung dan teramat istimewa, tidak mungkin seseorang dapat memperolehnya dengan semata mengandalkan amalan-amalan yang dilakukannya. Ia hanya dapat diperoleh dengan rahmat dan karunia Allah Subhanahu wa Ta’ala. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لَنْ يُدْخِلَ أَحَدًا مِنْكُمْ عَمَلُهُ الْجَنَّةَ قَالُوا وَلَا أَنْتَ يَا رَسُولَ الله قَالَ وَلَا أَنَا إِلَّا أَنْ يَتَغَمَّدَنِيَ اللَّهُ مِنْهُ بِفَضْلٍ وَرَحْمَةٍ

 ‘Tidak seorangpun dari kamu yang masuk Syurga karena amalannya.’ Mereka berkata, ‘Tidak juga engkau wahai Rasulullah?’ Beliau bersabda, ‘Tidak juga aku, tetapi Allah mencurahkan rahmat dan karunia-Nya kepadaku.’ [HR. Muslim]

.

Beramal Baik Termasuk dari Rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala

Abu Utsman ash-Shabuni dalam kitabnya ‘Aqidah as-Salaf Ashhab al-Hadits’ berkata, ‘Ashhabul Hadits (kelompok yang berpegang teguh kepada al-Kitab dan as-Sunnah) bersaksi dan berkeyakinan bahwa seseorang tidak bisa dipastikan masuk Syurga – walaupun ia telah melakukan amalan-amalan yang baik (ibadahnya nampak ikhlas, dan ketaatannya demikian tinggi) dan jalan kehidupannya pantas untuk diteladani – kecuali jika diizinkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, sebagai keutamaan yang diberikan kepadanya. Maka, dengan keutamaan dan karunia-Nya itu ia masuk Syurga. Karena amal baik yang ia lakukan tidaklah dapat dilakukan dengan mudah kecuali karena kemudahan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Jika Allah tidak memberi kemudahan (niscaya ia tidak dapat melakukannya. Dan jika Allah tidak mengarunianya hidayah) niscaya ia tidak mendapat hidayah sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

وَلَوْلا فَضْلُ اللَّهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهُ مَا زَكَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ أَبَدًا وَلَكِنَّ اللَّهَ يُزَكِّي مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Sekiranya kalau bukan karena karunia Allah dan rahmat-Nya niscaya tidak ada seorangpun dari kamu yang bersih (dari perbuatan keji dan munkar) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa saja yang dikehendekainya.’ [QS. an-Nur : 21].

 

Masuk Syurga dan Neraka adalah Wewenang Allah Subhanahu wa Ta’ala

Imam an-Nawawi berkata, ‘Masuk Syurga atau Neraka adalah semata-mata wewenang Allah Subhanahu wa Ta’ala. Alam seluruhnya adalah dalam kuasa Allah, sekalipun dia akan menyiksa orang-orang yang taat dan shalih atau sebaliknya Dia memasukkan orang jahat dan kafir ke Syurga. Tetapi, Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak akan bertindak seperti itu. Dia mengampuni orang-orang mukmin dan memasukkannya ke Syurga dengan rahmat-Nya. Sebaliknya Dia menyiksa orang-orang munafik dan memasukkannya ke dalam Neraka, karena sifatnya Yang Maha Adil. Itulah madzhab Ahlus Sunnah.’ [Lihat Syarah Nawawi 5/683].

 

Fungsi Amal

Adapun amal shalih yang dilakukan oleh seorang hamba di dunia, maka ia menjadi ‘sebab’ untuk masuk Syurga (bukan harga bagi Syurga) dan juga sebagai penentu untuk posisi Syurga mana yang ia akan tempati. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَنُودُوا أَنْ تِلْكُمُ الْجَنَّةُ أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Dan diserukan kepada mereka, “Itulah Syurga yang diwariskan kepadamu, disebbakan apa yang dahulu kamu kerjakan”.’ [QS. al-A’raf : 43].

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:

فَلا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Seorangpun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka, yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.’ [QS. as-Sajadah : 17].

Ibnul Qayyim berkata, ‘Huruf ba’ yang menegaskan masuk ke dalam Syurga dengan amal perbuatan (bima kuntum ta’malun) adalah ba’ sababiyah (maknanya ‘sebab amalan’-red.). [Lihat Hadil Arwah hal. 61].

 

 

Al-Faqir Ilallâh Abu Halbas Muhammad Ayyub

Jember 1433 H.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: