//
you're reading...
Fiqih

Batal Melaksanakan Nadzar


Soal: Saya pernah bernadzar dengan suatu nadzar, namun saat apa yang saya inginkankan itu terwujud saya merasa berat untuk menjalankan nadzar tersebut. Adakah solusi untuk itu?

 

Jawab: Allamah ar-Raghib al-Ashfahany berkata, ‘Nadzar itu adalah engkau mewajibkan sesuatu atas dirimu yang sebenarnya hal itu tidak wajib (atasmu), lantaran terjadinya suatu perkara. Seperti ucapan, ‘Aku bernadzar kepada Allah untuk suatu urusan.’ [al-Mu’jam hal. 508].

 

Bernadzar adalah makruh, namun jika seseorang telah bernadzar untuk mengerjakan suatu amal ketaatan (ibadah), maka manakala apa yang ia nadzarkan terwujud maka ia mesti melaksanakan nadzarnya itu. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Barangsiapa yang bernadzar untuk melakukan ketaatan kepada Allah maka laksanakanlah …’ [HR. al-Bukhari 6696].

 

Tidak Mampu Memenuhi Nadzar

Apabila seseorang tidak mampu atau lemah memenuhi nadzarnya lantaran suatu sebab, maka ia wajib membayar kaffarat (denda). Sedang denda nadzar adalah denda sumpah. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Denda nadzar adalah denda sumpah.’ [HR. Muslim].

Denda sumpah itu sendiri adalah memberi makan sepuluh orang miskin, atau memberi pakaian kepada mereka, atau memerdekakan budak. Jika tidak mampu, maka berpuasa selama tiga hari. Lihat dalam al-Qur’an surat al-Maaidah ayat 89.

 

Aturan Membayar Denda

Seseorang tidak diperkenankan berpuasa tiga hari kecuali setelah tidak mampu melakukan salah satu dari tiga denda sebelumnya, yaitu memberi makan 10 orang miskin, atau memberi pakaian kepada mereka, atau memerdekakan budak.

 

Aturan dalam Memberi Makan

Memberi makan sepuluh orang miskin masing-masing ½ sha’ (kurang lebih 1250 gram) dari jenis makanan pokok setempat, berupa gandum, kurma, beras, atau lainnya. Bisa juga memberi makan siang atau makan malam kepada sepuluh orang miskin secara langsung.

 

 

Al-Faqîr Abu Halbas Muhammad Ayyub

Jember 1433 H.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: