//
you're reading...
Aqidah

Bulan Terbelah Dua


Soal:

Benarkah bulan pernah terbelah dua di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam?

 

Jawab:

Benar, bulan pernah terbelah dua di masa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam dan disaksikan oleh warga Makkah. Ada banyak hadits yang menjelaskan hal tersebut, di antaranya:

  • Hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, ‘Warga Makkah meminta Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam agar memperlihatkan kepada mereka salah satu tanda (kenabiannya). Allu beliau memperlihatkan kepada mereka bulan terbelah dua.’ [HR. al-Bukhari 3637 dan Muslim 2802].
  • Diriwayatkan oleh Abdullan bin Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Pada masa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam, bulan pernah terbelah menjadi dua bagian. Sebelah ada di atas gunung dan sebelah lagi ada di bagian bawahnya. Kemudian Rasulullah bersabda, ‘Saksikanlah!’ [HR. al-Bukhari 3636 dan Muslim 2800].

Terbelahnya bulan melalui tangan Nabi kita Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam adalah merupakan salah satu mukjizat dari sekian banyak mukjizat beliau. Tidak ada alasan untuk mengingkari atau mendustakannya karena shahihnya hadits-hadits tersebut. [Untuk mengetahui kumpulan hadits-hadits shahih tentang terbelahnya bulan ini, silakan melihatnya di dalam kitab ash-Shahihul Musnad min Dalail an-Nubuwwah karya Syaikh Muqbil bin Hadi]. Mukjizat ini tidak akan diterima dan tidak dipercayai, kecuali oleh orang yang dadanya dilapangkan oleh Allah dan hatinya diberi cahaya oleh-Nya. Adapun para penentang yang sesat, yang mendewakan akalnya, yang tidak ada sikap tawadhu’ kepada nash, mereka tidak akan pernah puas dengan dalil apapun bahkan menertawakan keberadaan mukjizat tersebut. Wal I’yadzu Billah.

 

Abu Halbas Muhammad Ayyub

Jember 1433 H.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: