//
you're reading...
Aqidah

Akibat Mendatangi dan Mempercayai Dukun atau Tukang Ramal


Soal:

Bagaimana hukum mempercayai dukun dan tukang ramal?

 

Jawab:

Dukun (Kâhin) itu adalah orang yang memberitahukan tentang perkara-perkara ghaib yang akan terjadi di masa mendatang atau yang memberitahukan tentang perkara-perkara yang tersimpan dalam hati seseorang. Sedang tukang ramal (‘Araf) sendiri adalah orang yang mengaku mengetahui tentang sesuatu hal dengan menggunakan isyarat-isyarat untuk menunjukkan barang curian, atau tempat barang hilang, dan semacamnya.

Mengadukan permasalahan kepada dukun dan tukang ramal tentang hal-hal ghaib, baik itu berhubungan dengan masa depan; seperti kabar akan kematian seseorang, pernikahan seseorang dengan si fulan, atau perceraian, nasib seseorang, kaya dan miskin seseorang, naiknya harga pangan, terjadinya fitnah pembunuhan, dan lain sebagainya, ataukah berhubungan dengan masa lalu seperti mencari tahu pelaku pencurian, minta ditunjukkan barang yang hilang, dan lain sebagainya adalah haram hukumnya, pelakunya telah melakukan perbuatan kufur dan shalatnya tidak diterima selama empat puluh hari.

 

Mendatangi Dukun dan Peramal Adalah Bentuk dari Kekufuran

Salah satu dari bentuk kekufuran amal yang dilakukan seorang hamba adalah ketika ia mendatangi dan membenarkan dukun dan tukang ramal. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

مَنْ أَتَى عَرَّافًا أَوْ كَاهِنًا فَصَدَّقَهُ فِيْمَا يَقُوْلُ فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Barangsiapa mendatangi tukang ramal atau dukun dan membenarkan apa yang ia katakan, sungguh ia telah kafir terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam.’ [Shahih. HR. Ahmad 2/429].

 

Mendatangi Tukang Ramal (‘Orang Pintar’) Penyebab tidak Diterimanya Shalat 40 Malam

Kerugian besar yang didapatkan oleh orang-orang yang mendatangi peramal adalah shalatnya tidak diterima selama 40 malam. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

مَنْ أَتَى عَرَّافاً فَسَأَلَهُ عَنْ شَيْئٍ، لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلاَةٌ أَرْبَعِيْنَ لَيْلَةً

Barangsiapa yang mendatangi seorang peramal (‘orang pintar’) lalu menanyainya tentang sesuatu, maka shalatnya tidak akan diterima selama 40 malam.’ [HR. Muslim 2230].

 

Dukun dan Tukang Ramal tidak Tahu Ilmu Ghaib

Yang mempercayai dan yang meyakini bahwa dukun dan tukang ramal mengetahui ilmu ghaib melalui cincin, jimat, dan mantera yang mereka miliki berarti ia telah mengingkari dan mendustakan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala berikut ini yang menerangkan bahwa Allah-lah semata yang mengetahui ilmu ghaib. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

قُلْ لا يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ الْغَيْبَ إِلا اللَّهُ

Katakanlah! Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah…’ [QS. an-Naml : 65].

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

عَالِمُ الْغَيْبِ فَلا يُظْهِرُ عَلَى غَيْبِهِ أَحَدًا إِلا مَنِ ارْتَضَى

(Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorang pun tentang yang ghaib itu. Kecuali kepada Rasul yang diridhai-Nya...’ [QS. al-Jin : 26-27].

 

Kesimpulan

Tidak dibenarkan seorang Muslim pergi kepada para dukun, tukang ramal, atau apapun namanya yang mendakwakan diri dapat mengetahui hal yang ghaib, lalu menanyakan kepada mereka hal-hal yang berhubungan dengan jodoh, pekerjaan, penglaris barang, atau yang menyangkut hubungan suami-isteri dan keluarga, tentang cinta, kesetiaan, perselisihan, atau perpecahan yang terjadi dan lain sebagainya. Sebab semua itu berhubungan dengan hal-hal ghaib yang tidak diketahui hakikatnya oleh siapa pun kecuali oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

 

Abu Halbas Muhammad Ayyub

Rajab 1433 H. Jember-Indonesia.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: