//
you're reading...
Hadits

Makna Setan Dibelenggu


Soal:

Di dalam  hadits disebutkan bahwa pada bulan Ramadhan syaithan-syaithan pada di belunggu. Namun pada kenyataannya masih ada saja orang yang berpuasa melakukan kemaksiyatan. Mohon penjelasannya?

Jawab:

Benar, syaithan-syaithan dibelunggu pada bulan Ramadhan. Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Jika masuk bulan Ramadhan, maka pintu-pintu langit dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan syaithan-syaithan dibelunggu.’ [HR. al-Bukhari 4/112 dan Muslim 1079].

Dan di antara tanda-tanda yang kita saksikan bahwa syaithan itu dibelunggu atau dirantai di bulan Ramadhan adalah banyaknya pelaku kemaksiatan berhenti dari kemaksiatannya dan bertaubat kepada Allah Ta’ala secara berbondong-bondong. Namun, mengapa tidak semua pelaku kemaksiatan bertaubat? Mengapa hanya sebagian besarnya saja? Mengapa masih ada saja  yang melakukan perbuatan tercela di bulan Ramadhan?

Salah satu di antara jawabannya adalah lantaran syaithan yang dimaksudkan pada hadits shahih di atas adalah Al-Maradah. Yaitu syaithan yang amat membangkang. Artinya, tidak semua syaitan dibelunggu, yang dibelunggu hanyalah mereka yang paling keras permusuhannya kepada manusia. Pemaknaan seperti ini sesuai dengan sabda Rasulullah Salallallahu ‘alaihi wasallam yang lain, ‘Telah datang kepada kalian, bulan Ramadhan. Bulan penuh berkah, di mana Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa di dalamnya. Pada bulan itu pintu-pintu dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan syaithan-syaithan yang amat membangkang dibelunggu. Pada bulan itulah terdapat sebuah malam yang lebih utama bila dibandingkan dengan seribu bulan. Barangsiapa yang dijauhkan dari kebaikan bulan Ramadhan maka dia berarti telah dijauhkan dari semua bentuk kebaikan.’ [HR. an-Nasai 4/129. Lihat dalam Shahih at-Targhib 1/490].

Ada jawaban lain selain jawaban di atas, tetapi inilah jawaban yang lebih memuaskan. Wallahu A’lam.

 

 

Abu Halbas Muhammad Ayyub

Jember 1429 H.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: