//
you're reading...
Fiqih

80 Permasalahan tentang Hukum Udhhiyah (Kurban) – Bagian 2 [Dari 3 Tulisan] –


المسألة الثلاثون: ذكر من يريد من أمواته في أضحيته:
يجوز أن يدخل معه في أضحيته من يريد من الموتى فيقول مثلاً: “اللهم هذا عني وعن أهلي الأحياء والموتى” كما ذكر النبي صلى الله عليه وسلم أمته وهو يشمل الأحياء والأموات

[Masalah ke-31: Menyebutkan orang yang dikehendaki dari (keluarga) yang telah wafat dalam kurbannya]:
Diperkenankan mengikutsertakan dalam kurbannya orang yang dikehendaki dari (keluarga) yang telah wafat, dimana ia berkata misalnya, “Allaâhumma hadza ‘anni wa ‘an ahli al-ahyâ` wal mauta (Ya Allah ini dariku dan dari keluargaku baik yang masih hidup maupun yang telah wafat).” Sebagaimana Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam menyebutkan ‘ummatnya’ dan ummatnya ini mencakup yang masih hidup dan yang telah wafat.

المسألة الحادية والثلاثون: وصية الميت بالأضحية عنه:
الميت إن أوصى بأن يضحى عنه، ففيه تفصيل من حيث الوجوب وعدمه:
1- إن كان له ثلث: فيجب أن يضحي عنه من ثلثه.
2- إن لم يكن له ثلث: فيستحبُ لابنه أن يضحي له، لكن لا يجب، فلو تركها الابن لا يأثم، لكن الأضحية عنه من برِّه بعد موته.

[Masalah ke-32: Wasiyat mayit agar dikurban untuknya]:
Mayit jika berwasiat agar dikurban untuknya, maka dari sisi wajib tidaknya terperinci sebagai berikut:
1. Jika si mati memiliki sepertiga: Maka wajib dikurban darinya dari sepertiganya.
2. Jika si mati tidak memiliki sepertiga: Maka disukai bagi sang anak berkurban untuknya namun tidak berhukum wajib, sekiranya sang anak meninggalkannya maka ia tidak berdosa namun berkurban untuknya termasuk kebaktian sang anak sepeninggal orang tuanya.

المسألة الثانية والثلاثون: من كان في بلدٍ لا يُذبح فيها الذبح الشرعي:
من كان في بلد لا يذبح فيها الذبح الشرعي كالبلاد الغربية فيرسل مالاً إلى أهله يوكلهم على أضحيته، ويمسك هو عن شعره وأظفاره.

[Masalah ke-33: Barangsiapa yang berada disuatu daerah yang hewan tidak disembelih secara syar’i]:
Barangsiapa yang berada disuatu daerah yang hewan berkurban tidak disembelih secara syar’I seperti dinegeri barat, maka ia (boleh) mengirimkan uang kepada keluarganya, mewakilkan mereka atas berkurbannya. Dan ia menahan dirinya dari memotong rambut dan kukunya.

المسألة الثالثة والثلاثون: ما يفعله من يريد الأضحية:
من أراد أن يضحي فليمسك عن شعره وأظفاره وبشرته من بداية دخول العشر، لحديث أم سلمة: “إِذَا رَأَيْتُمْ هِلالَ ذِي الْحِجَّةِ وَأَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يُضَحِّيَ فَلْيُمْسِكْ عَنْ شَعْرِهِ وَأَظْفَارِهِ”، وفي لفظ له: “إِذَا دَخَلَتْ الْعَشْرُ وَأَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يُضَحِّيَ فَلا يَمَسَّ مِنْ شَعَرِهِ وَبَشَرِهِ شَيْئًا”.

[Masalah ke-34: Apa yang mesti dilakukan oleh orang yang hendak ber kurban]:
Barangsiapa yang hendak berkurban maka hendaklah ia menahan dirinya dari memotong rambut, kuku, dan kulitnya semenjak masuknya sepuluh pertama Dzulhijjah. Berdasarkan hadits Ummu Salamah:

إِذَا رَأَيْتُمْ هِلالَ ذِي الْحِجَّةِ وَأَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يُضَحِّيَ فَلْيُمْسِكْ عَنْ شَعْرِهِ وَأَظْفَارِهِ”، وفي لفظ له: “إِذَا دَخَلَتْ الْعَشْرُ وَأَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يُضَحِّيَ فَلا يَمَسَّ مِنْ شَعَرِهِ وَبَشَرِهِ شَيْئًا.”

Artinya, “Apabila kalian telah melihat hilâl bulan dzulhijjah, dan salah seorang diantara kalian berkeinginan berkurban maka hendaklah ia menahan diri dari (memotong) rambut dan kukunya.” Dan didalam satu lafazh baginya, “Apabila telah masuk sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah dan salah seorang di antara kalian berkeinginan untuk berkurban, maka janganlah ia memotong rambut dan kulitnya sedikitpun juga (hingga ia selesai menyembelih-pentj).”

المسألة الرابعة والثلاثون: حكم الاغتسال والطيب والمشط وغيره:
كل ما لم يذكر في حديث أم سلمة فلا يمتنع منه المحرم، وعلى هذا فيجوز الاغتسال والمشط والطيب واللباس والجماع والحناء وغير ذلك.

[Masalah ke-35: Hukum mandi, mengenakan parfum, bersisir, dan lainnya]:
Semua macam hal yang tidak disebutkan di dalam hadits Ummu Salamah (diatas) tidak terlarang bagi orang yang terkena pelarangan diatas, atas dasar inilah maka diperbolehkan bagi (orang yang hendak kurban) mandi, bersisir, mengenakan parfum, memakai baju, berjimak, memakai inai, dan lain sebagainya.

المسألة الخامسة والثلاثون: هل يمسك أهل البيت:
أهل البيت لا يلزمهم الإمساك، وإنما يلزم الإمساك صاحب الأضحية وهو المشتري لها ومن يريد الأضحية بها.

[Masalah ke-36: Apakah penghuni rumah (lainnya) wajib juga menahan diri]:
Penghuni rumah tidak diharuskan menahan diri (dari memotong rambut dan memotong kuku). Yang diharuskan menahan diri adalah pemilik kurban, yaitu si pembeli kurban dan siapa yang hendak berkurban dengannya.

المسألة السادسة والثلاثون: حكم من نسي فأخذ من شعره وأظفاره:
من نسي فأخذ من شعره أو أظفاره فلا شيء عليه ويضحي ولا حرج؛ لعموم رفع الحرج عن الناسي.

[Masalah ke-37: Hukum orang yang lupa mengambil/memotong rambut dan kukunya]:
Barangsiapa yang lupa lalu mengambil sebagian rambut dan kukunya maka tidak ada sesuatu atasnya, dia terus berkurban dan tidak ada dosa baginya berdasarkan atas keumuman hadits terangkatnya dosa dari orang yang lupa.

المسألة السابعة والثلاثون: من تعمد أخذ الشعر والأظفار:
من تعمد الأخذ من شعره وأظفاره فهو آثم، وعليه التوبة والاستغفار، ويضحي وليس عليه كفارة، كمن تعمد فعل محرم فإن أصل العبادة لا يبطل ويلزمه التوبة.

[Masalah ke-38: Orang yang sengaja mengambil rambut dan kukunya]:
Barangsiapa yang sengaja mengambil rambut dan kukunya maka dia berdosa, ia mesti bertaubat dan beristighfar, ia terus berkurban dan tidak ada kaffarat baginya sebagaimana halnya orang yang sengaja melakukan hal yang diharamkan. Karena pada asalnya ibadah itu tidak batal dan ia diharuskan bertaubat.

المسألة الثامنة والثلاثون: هل على الحاج أضحية؟
الأضحية تجب على غير الحاج، أما الحاج فقد اختلف أهل العلم فيها، والراجح أنها لا تجب، ولم يعرف عن الصحابة الذين حجوا مع النبي صلى الله عليه وسلم أنهم ضحوا، ورجَّحه ابن تيمية وابن القيم رحمهما الله، وجماعة من أهل العلم.

[Masalah ke-39: Apakah orang yang berhaji juga mesti berkurban]?
Berkurban diwajibkan atas orang yang tidak berhaji, adapun orang yang berhaji maka ahli ilmu berbeda pendapat tentangnya. Pendapat yang unggul bahwa berkurban tidak wajib (baginya), tidak diketahui dari seorang shahabat pun yang berhaji bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa mereka berkurban. Pendapat ini diunggulkan oleh Ibnu Taimiyah dan Ibnul Qayyim rahimahumallah serta sekelompok orang dari ahli ilmu.

المسألة التاسعة والثلاثون: بهيمة الأنعام:
الأضحية لا تكون إلا من بهيمة الأنعام، وعلى هذا فلا يجوز أن يضحي بغير ذلك من الدجاج والخيل والضباء وغيرها من الحيوانات.

[Masalah ke-40: Binatang ternak ]:
Hewan kurban hanya terbatas pada hewan ternak saja, atas dasar ini maka tidak diperkenankan berkurban dengan hewan selainnya semisal ayam, kuda, kijang,dan hewan-hewan lainnya.

المسألة الأربعون: بيع الأضحية وهبتها ورهنها:
لا يجوز بيع الأضحية بعد شرائها وتعينها، ولا هبتها، ولا رهنها؛ لأنها أوقفت في سبيل الله، وكل ما كان كذلك لم يجز التصرف فيه.

[Masalah ke-41: Menjual kurban, menghibahkannya, dan menggadaikannya]:
Tidak diperkenankan menjual hewan kurban setelah dibeli dan setelah ditetapkan (sebagai hewan kurban), tidak dihibahkan, dan tidak pula digadaikan karena ia telah diwaqafkan dijalan Allah, dan segala sesuatu yang posisinya seperti itu tidak boleh digunakan secara leluasa (kecuali ada izin dari syariat).

المسألة الحادية والأربعون: ما يجزئ من الأضاحي:
يجزئ من الضأن ما بلغ ستة أشهر، ومن الماعز ما بلغ سنة، ومن البقر ما بلغ سنتين ومن الإبل ما بلغ خمس.

[Masalah ke-42: Hewan kurban yang sah digunakan untuk berkurban]:
Untuk hewan domba dinyatakan sah apabila usianya telah mencapai enam bulan, kambing kacang satu tahun, sapi dua tahun, dan unta mencapai lima tahun.

المسألة الثانية والأربعون: أفضل الأضاحي:
اختلف العلماء في أفضل الأضاحي من حيث النوع، والراجح أن:
أفضل الأضاحي البدنة، ثم البقرة، ثم الشاة، ثم شرك في بدنة – ناقة أو بقرة -؛ لما ثبت في البخاري (2001) من قوله صلى الله عليه وسلم في الجمعة: من اغتسل يوم الجمعة غسل الجنابة ثم راح فكأنما قرب بدنة، ومن راح في الساعة الثانية فكأنما قرب بقرة، ومن راح في الساعة الثالثة فكأنما قرب كبشاً أقرن، ومن راح في الساعة الرابعة فكأنما قرب دجاجة، ومن راح في الساعة الخامسة فكأنما قرب بيضة، فإذا خرج الإمام حضرت الملائكة يستمعون الذكر.

[Masalah ke-43: Hewan kurban yang paling utama]:
Ulama berbeda pendapat mengenai hewan kurban yang paling utama dari sisi jenis hewannya dan pendapat yang unggul: Bahwa unta adalah hewan kurban yang paling utama, lalu sapi, lalu kambing. Kemudin disusul persekutuan dalam budnah –unta atau sapi-; berdasarkan pada hadits shahih yang termaktub didalam al-Bukhâri (2001) dari sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang (shalat) jum’at:

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْأُولَى فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ

الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ

Artinya, “Barangsiapa mandi hari Jumat seperti mandi janabat lalu berangkat pada waktu yg pertama, maka seakan ia telah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa berangkat pada waktu yg kedua, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor sapi. Barangsiapa berangkat pada waktu yg ketiga, maka seakan dia berkurban dengan seekor kambing. Barangsiapa berangkat pada waktu yg keempat, maka seakan dia berkurban dengan seekor ayam. Dan barangsiapa berangkat pada waktu yg kelima, maka seakan dia berkurban dengan sebutir telur. Maka jika imam telah datang, para malaikat hadir untuk mendengarkan khutbah.”

المسألة الثالثة والأربعون: شروطها:
للأضحية عدة شروط، وهي:
1- القدرة: بأن يكون صاحبها قادراً على ثمنها.
2- أن تكون من بهيمة الأنعام .
3- أن تكون خالية من العيوب.
4- أن تكون في الوقت المحدد شرعا.

[Masalah ke-44: Syarat hewan kurban]:
Ada beberapa syarat untuk hewan kurban, yaitu:
1. Pemiliknya sanggup/mampu atas harganya.
2. Termasuk dari binatang ternak.
3. Bersih dari Aib-aib (tertentu).
4. Berada diwaktu yang telah ditetapkan oleh syari’at.

المسألة الرابعة والأربعون: العيوب:
اتفق العلماء على العيوب التالية:
1- العور البين: وهو الذي تنخسف به العين، أو تبرز حتى تكون كالزر، أو تبيض ابيضاضاً يدل دلالة بينة على عورها.
2- المرض البين: وهو الذي تظهر أعراضه على البهيمة، كالحمى التي تقعدها عن المرعى وتمنع شهيتها، والجرب الظاهر المفسد للحمها أو المؤثر في صحته، والجرح العميق المؤثر عليها في صحتها ونحوه.
3- العرج البين: وهو الذي يمنع البهيمة من مسايرة السليمة في ممشاها.
4- الهزال المزيل للمخ: لما ثبت في الموطأ من قول النبي صلى الله عليه وسلّم حين سئل ماذا يتقي من الضحايا فأشار بيده وقال: “أربعاً: العرجاء البين ظلعها، والعوراء البين عورها، والمريضة البين مرضها، والعجفاء التي لا تنقي” رواه مالك في الموطأ من حديث البراء بن عازب، وفي رواية في السنن عنه رضي الله عنه قال: قام فينا رسول الله صلى الله عليه وسلّم فقال: “أربع لا تجوز في الأضاحي”.

[Masalah ke-45: Aib-Aib]:
Ulama sepakat atas aib-aib berikut ini:
1. Buta sebelah yang jelas butanya: Yaitu kebutaan yang menutupi bola mata, atau menonjol keluar hingga serupa dengan kancing, atau memutih yang teramat putih yang menunjukkan secara jelas akan kebutaannya.
2. Sakit yang jelas sakitnya: Yaitu sakit yang gejala-gejalanya terlihat jelas pada hewan. Semisal demam yang menghalanginya untuk merumput atau menghilangkan selera makannya. Berkudis yang terlihat jelas merusak dagingnya atau mempengaruhi kesehatannya, luka dalam yang berefek pada kesehatannya dan yang semisalnya.
3. Pincang dan tampak jelas pincangnya: Yaitu pincang yang menghalangi hewan tersebut berjalan secara normal.
4. Yang sangat kurus, seperti tidak memiliki sumsum: Lantaran valid dalam kitab al-Muwaththâ`dari sabda Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam ketika beliau ditanya apa yang harus dihindari dari binatang kurban? Lalu beliau memberikan isyarat dengan tangannya seraya berkata:

أَرْبَعًا: اَلْعُرْجَاءَ الْبَيِّنَ ضَلْعُهَا, وَالْعَوْرَاءَ الْبَيِّنُ عَوْرُهَا, وَالْمَرِيْضَ الْبَيِّنَ مَرَضُهَا, وَالْعُجْفَاءَ الَّتِى لاَ تَنْقَى

“Ada empat: Pincang yang jelas kepincangannya, aura` (rusak sebelah matanya) yang jelas a’warnya, sakit yang jelas sakitnya, dan kurus yang tidak mempunyai sum-sum.” Diriwayatkan oleh Mâlik dalam alMuwaththâ` dari Hadits al-Barrâ` bin ‘Âzib dan dalam satu riwayat didalam kitab sunan darinya radhiyallâhu ‘anhu ia berkata, “Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam pernah berdiri ditengah-tengah kami lalu bersabda, “Ada empat hal yang tidak boleh ada pada hewan kurban.”

المسألة الخامسة والأربعون: ما كان أولى من هذه العيوب:
لا تجوز الأضحية بما كان أولى من هذه العيوب، كالعمياء ومقطوعة اليد وغيرها.

[Masalah ke-46: Aib-aib yang lebih parah dari aib-aib diatas]:
Tidak diperkenankan berkurban dengan aib (cacat) yang lebih parah dari aib-aib diatas, seperti buta kedua matanya, terputus kakinya, dan lain sebagainya.

المسألة السادسة والأربعون: مقطوع الإلية:
اختلف العلماء في مقطوع الإلية وهي البتراء، والصحيح أنه يجوز التضحية بها؛ لأن لحمها لا ينقص بذلك ولا يتضرر، وهو قول ابن عمر وابن المسيب وغيرهم.

[Masalah ke-47: Ekor terputus]:
Ulama berbeda pendapat mengenai hewan yang terputus ekornya alias buntung, pendapat yang benar boleh dikurbankan; karena dagingnya tidak berkurang karenanya dan tidak membahayakannya. Ini merupakan pendapat ibnu ‘Umar, ibnu al-Musayyib, dan lainnya.

المسألة السابعة والأربعون: الأضحية بالخصي:
يجوز الأضحية بالخصي، فقد ضحى النبي صلى الله عليه وسلم بكبشين موجوءين، ولأن لحم الأضحية يطيب بذلك، وهو قول الجماهير، وقال ابن قدامة: من غير خلاف نعلمه.

[Masalah ke-48: Berkurban dengan hewan yang dikebiri]:
Diperkenankan berkurban dengan hewan yang dikebiri. Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam pernah berkurban dengan dua kambing yang telah terputus kedua biji pelirnya, karena daging kurban lebih lezat karenanya. Demikian pendapat mayoritas ulama. Ibnu Qudâmah berkata, “Tanpa ada perbedaan pendapat yang kami ketahui.”

المسألة الثامنة والأربعون: العيوب التي تذكر في كتب الفقه تجزئ مع الكراهة، وهي:
1- ما به طلع: وهو مرض في الثدي وغيره.
2- معيب الثدي.
3- مكسور القرن، وذاهبة القرن أصلاً.
4- الهتماء، وهي ماسقط بعض أسنانها.
5- المجبوب، وهو الخروف الذي قُطع ذكره.
6- ومشقوقة الأذن طولاً أو عرضاً، ومخروقة الأذن.
7- والتي بها خُرّاج وهو الورم.
8- المصفرة وهي التي: تستأصل أذنها حتى يبدو سماخها.
9- والمستأصَلة وهي التي: استؤصل قرنها من أصله.
10- والبخقاء التي: تُبخق عينها، والبخق هو أقبح العور.
11- والمشيعة التي: لا تتبع الغنم عجفاً وضعفاً.
12- والكسراء هي: الكسيرة
13- العشواء: وهي التي تبصر نهاراً ولا تبصر ليلاً
14- الحولاء: وهي التي في عينها حول.
15- العمشاء: وهي التي يسيل دمعها مع ضعف البصر.
16- السكاء: من السكك وهو صغر الأذنين.
17- المُقَابَلَةُ: وهي التي قطع من مقدم أذنها قطعة.
18- المدابرة: وهي ما قطع من مؤخر إذنها قطعة، وتدلت ولم تنفصل، وهي عكس المقابلة.
19- الشرقاء: وهي مشقوقة الأذن، وتسمى عند أهل اللغة أيضاً عضباء.
20- الخرقاء: وهي التي في إذنها خرق وهو ثقب مستدير.
21- الجماء: التي لم يخلق لها قرن، وتسمى جلحاء أيضاً.
22- الجدعاء: وهي مقطوعة الأنف.
23- التي لا لسان لها أصلاً.
24- الجدَّاء التي يبس ضرعها.
25- البتراء، وهي التي لا ذنَب لها خلقةً أو مقطوعاً.
26- الهيماء: من الهيام، وهو داء يأخذ الإبل فتهيم في الأرض لا ترعى.
27- الثولاء: من الثَوَل، وهو داء يصيب الشاة فتسترخي أعضاؤها، وقيل هو جنون يصيب الشاة فلا تتبع الغنم وتستدبر في مرتعها.
28- المجزوزة: وهي التي جز صوفها.
29- المكوية: وهي التي بها كيٌّ.
30- الساعلة: وهي التي بها سعال.
31- البكماء: التي فقدت صوتها.
32- البخراء: وهي متغيرة رائحة الفم.
وكل ما لم يكن من العيوب المتفق عليها فيجزئ مع الكراهة، وكلما كانت الأضحية أسلم من العيوب كانت أفضل، وينبغي للمسلم أن يختار الأفضل لأضحيته فهو أفضل عند ربه.

[Masalah ke- 49: Aib-aib yang disebutkan didalam berbagai kitab fiqih yang sah dikurbankan namun berhukum makruh , yaitu]:
1. Terdapat benjolan pada tubuhnya: Yaitu sakit yang menimpa pada tetek kurban dan wilayah lainnya.
2. Aib yang terdapat pada teteknya.
3. Tanduk dalam kondisi pecah, dan tidak memiliki tanduk pada salnya.
4. Hatmâ`: Tanggal beberapa giginya.
5. Al-Majbûb: Kambing yang telah dipotong dzakarnya.
6. Telinga dalam keadaan terbelah baik membujur maupun melintang begitu juga dalam kondisi lobang.
7. Memiliki bisul.
8. Mushaffarah: Hewan yang hilang telinganya hingga yang terlihat hanya lobangnya saja.
9. Al-Musta`salah: hewan yang patah pangkal tanduknya.
10. Al-Bahqâ`: Hewan yang dicungkil salah satu matanya, dan ini lebih buruk dari sekedar buta sebelah.
11. Al-Musyaya’ah: kambing yang kurus dan lemah
12. Al-Kasrâ`: yang retak tulangnya.
13. Al-‘Asywâ`: Melihat disiang hari namun tidak dapat melihat dimalamnya (rabun).
14. Juling.
15. Al-‘Amsya`: Hewan yang air matanya terus mengalir disertai dengan pandangan yang lemah.
16. As-Sakkâu: Kecil kedua telinganya.
17. Al-Muqâbalah: yang terpotong ujung telinganya.
18. Al-Mudâbarah: Yang terpotong belakang telinganya, menggantung dan belum lagi terpisah. Dan ini kebalikan dari al-Muqâbalah.
19. Asy-Syarqâ`: Yang sobek telinganya, para ahli lughah menamakannya dengan ‘Adhbâ`.
20. Al-Kharqâ`: Yang ditelinganya terdapat lubang, yaitu lubang yang melingkar.
21. Al-Jammâ`: Lahir tanpa memiliki tanduk dan juga dinamakan dengan istilah Jalhâ`.
22. Al-Jad’a: Yang terpotong hidungnya.
23. Yang pada asalnya tidak memiliki lidah.
24. Al-Jaddâ`: Yang kering air ambingnya.
25. Al-Batrâ`: Yang tidak memiliki ekor, baik Karena asal penciptaannya maupun karena terpotong.
26. Al-Haimâ`: dari al-Huyyâm, yaitu penyakit yang menyerang unta lalu ia berubah menjadi linglung yang menyebabkannya tidak merumput.
27. Ats-Tsaulâ`: dari kata ats-Tsawal: Yaitu penyakit yang menyerang kambing hingga lemas seluruh anggota tubuhnya. Ada yang mengatakan sakit gila yang menyerang kambing hingga ia tidak sanggup mengiringi perjalanan rekan-rekannya dan selalu berada dibagian paling akhir saat merumput.
28. Al-Majzuzah; Yang telah dicukur bulunya.
29. Al-Makwiyah: Ada bekas sundutan.
30. As-Sâ’ilah: Memiliki penyakit batuk.
31. Al-Bakmâu: Yang hilang suaranya.
32. Al-Bakhrâ`: Yang berubah bau mulutnya.

Semua macam aib (cacat) yang tidak disepakati (ketidak absahannya) maka sah digunakan untuk berkurban namun berhukum makruh. Semakin hewan kurban itu selamat dari macam aib maka semakin baik utama pulalah ia. Dan sepatutnya bagi seorang muslim memilih hewan yang terbaik yang hendak dikurbankannya lantaran ia lebih utama disisi Rabb-nya.

المسألة التاسعة والأربعون: وقت ذبح الأضحية:
يبدأ وقت ذبح الأضحية بعد صلاة يوم العيد، ويستمر ثلاثة أيام بعده، وهي أيام التشريق إلى غروب شمس اليوم الرابع من أيام العيد، والأفضل المبادرة بذبحها مسارعة في الخيرات.

[Masalah ke-50: Waktu penyembelihan kurban]:
Penyembelihan kurban dimulai setelah shalat ‘id dan berlanjut hingga tiga hari setelahnya, yaitu pada hari-hari tasyriq hingga terbenamnya matahari dihari yang keempat dari hari-hari ‘Ied. Yang lebih utama adalah bersegera menyembelihnya sebagai bentuk bergegas dalam kebaikan.

المسألة الخمسون: زمن ذبح الأضحية:
يجوز الذبح نهاراً أو ليلاً لا حرج في ذلك، ولا يوجد دليل على النهي عن وقت من الأوقات لذاته.

[Masalah ke-51: Masa penyembelihan kurban]:
Diperkenankan menyembelih kurban baik di siang hari maupun di malam hari, tidak dosa atas hal itu dan juga tidak terdapat satu dalilpun yang melarang waktu tertentu dari waktu-waktu yang ada.

المسألة الحادية والخمسون: إذا ولدت الأضحية:
إذا ولدت الأضحية فإنه يذبح ولدها تبعاً لها؛ لأنه أخرج أمها في سبيل الله فيُخرج ما كان تابعاً لها كذلك، وعليه الجمهور من أهل العلم.

[Masalah ke-52: Jika hewan kurban melahirkan]:
Apabila hewan kurban melahirkan maka anak yang dilahirkannya juga ikut disembelih mengikuti (status) induknya; karena induknya telah dikeluarkan di jalan Allah dan apa saja yang ikut padanya maka ia juga dikeluarkan (di jalan Allah). Demikian pendapat yang anut oleh mayoritas ulama.

المسألة الثانية والخمسون: توكيله غيره على الذبح:
الأفضل أن يذبح أضحيته بنفسه، ويجوز أن يوكل عليها مسلماً غيره، ولو ذبحها المسلخ فيجوز إن كان العامل مسلماً، أما ذبح الكافر فلا يحل، وعلى هذا ينبغي اهتمام محلات المسالخ بأضاحي المسلمين.

[Masalah ke-53: Mewakilkan penyembelihan kepada orang lain]:
Yang paling utama adalah seseorang menyembelih sendiri hewan kurbannya. Namun diperkenankan juga mewakilkan penyembelihannya kepada muslim lainnya. Apabila hewan kurban disembelih di tempat penjagalan, maka hal itu diperkenankan asal pekerjanya (tukang jagalnya) seorang muslim, adapun sembelihan orang kafir maka tidak halal. Maka sepatutnyalah tempat-tempat penjagalan memberikan perhatian (besar) terhadap kurban-kurban milik kaum muslimin.

المسألة الثالثة والخمسون: بدع ومخالفات:
البدع تختلف باختلاف البلدان، والضابط فيها كل فعل في الأضحية ليس يتعبد فيه المضحي ليس عليه دليل، ومنها:
– أن يتوضأ قبل ذبحها فلم يرد دليل على ذلك.
– أن يلطخ صوفها أو جبهتها بدمها، فليس على ذلك دليل من الكتاب أو السنة.
– أن يكسر رجلها أو يدها بعد ذبحها مباشرة.
– أن يضحي عن فقراء المسلمين فيقول:” اللهم هذه عن فقراء المسلمين ” فلم يرد به دليل، ولم يفعله خيار الأمة من السلف الصالحين.

[Masalah ke-54: Bid’ah-bid’ah dan penyimpangan]:
Amalan bid’ah berbeda dengan berbedanya negeri. Namun patokan bid’ah disini adalah semua perbuatan dalam urusan kurban yang tidak dijadikan sebagai sarana beribadah oleh si pemilik kurban namun tidak memiliki pijakan dalil, diantaranya:
– Berwudhu sebelum menyembelih kurban, maka tidak ada satu dalilpun tentang ini.
– Melumuri kulit atau dahinya dengan darah, amalan ini juga tidak memiliki pijakan dalil dari al-Quran maupun sunnah.
– Memecahkan kaki dan tangannya langsung setelah menyembelihnya.
– Menyembelihkan kurban untuk orang-orang fakir dari kaum muslimin, dengan berkata, “Ya Allah ini dari kaum fakir dari kaum muslimin.” Ini tidak memiliki satu pijakan dalil pun dan tidak dilakukan oleh orang-orang terbaik dari ummat ini dari kalangan salaf yang shalih.

– المسألة الرابعة والخمسون: من كان لديه ابنٌ مغترب ولا يستطيع الأضحية:
من كان ابنه مبتعثاً للدراسة أو غيرها في بلد فيجزئ عنه أضحية والده في بلده.

[Masalah ke-55: Orang yang memiliki anak ditempat yang jauh dan ia belum sanggup berkurban]:
Barangsiapa yang memiliki anak yang tengah menempuh pendidikan atau lainnya di suatu negeri, maka kurban sang ayah yang berada di negeri (kelahiran)nya adalah mencukupi dirinya.

– المسألة الخامسة والخمسون: إذا ماتت الأضحية أو سرقت أو ضلت:
إذا ماتت الأضحية أو سرقت أو ضلت قبل الأضحى فليس على صاحبها ضمان ولا بدلٌ إن كان غير مفرط، فإن كان مفرطاً لزمه بدلها كالوديعة.

[Masalah ke-56: Apabila hewan kurban mati, dicuri, atau tersesat]:
Apabila hewan kurban mati, dicuri atau tersesat sebelum disembelih maka tidak ada tanggungan dan ganti bagi pemiliknya jika semua itu bukan karena kecerobohan. Adapun jika karena kecerobohan maka ia mesti menggantinya sebagaimana halnya titipan.

المسألة السادسة والخمسون: إن أخطأ في أضحيته:
إن حدث خطأ في المسلخ فأخذ شخصٌ أضحيةَ آخر فلا شيء عليهما، وتجزئ كل واحدة عن الأخرى، وقد رفع عن الأمة الخطأ والنسيان.

[Masalah ke-57: Keliru dalam (menyembelih) kurban]:
Jika terjadi kekeliruan di tempat penjagalan, dimana seseorang (keliru) mengambil kurban milik orang lain (alias tertukar), maka tidak ada dosa pun atas keduanya, satu sama lain saling mencukupi. Telah diangkat pena dari ummat ini lantaran keliru dan lupa.

المسألة السابعة والخمسون: مكروهات الذبح:
يكره في الذبح عموما عدة أشياء، وهي:
1- أن يحد السكين والبهيمة تنظر.
2- أن يذبح البهيمة والأخرى تنظر.
3- أن يؤلمها قبل الذبح بكسر رقبتها أو قدمها.

[Masalah ke-58: Hal-hal yang dimakruhkan dalam menyembelih]:
Secara umum ada beberapa hal dimakruhkan dalam menyembelih, yaitu:
1. Mengasah pisau sedang hewan (yang hendak disembelih) menyaksikannya.
2. Menyembelih hewan sedang hewan lainnya menyaksikannya.
3. Menyakiti hewan sebelum menyembelihnya dengan meretakkan leher atau kakinya.

المسألة الثامنة والخمسون: أحاديث لا تصح في الأضحية:
هناك أحاديث تذكر في هذا الباب وهي غير صحيحة، منها:
1- ما روي: “ما عمل ابن آدم يوم النحر عملا أحب إلى الله عز وجل من إهراق الدم، وإنها لتأتي يوم القيامة بقرونها وأشعارها وأظلافها وأن الدم ليقع من الله بمكان قبل أن يقع من الأرض فطيبوا بها نفسا”.
2- وكذلك: “يا رسول الله صلى الله عليه وسلم ما هذه الأضاحي؟ قال: سنة أبيكم إبراهيم. قالوا: فما لنا فيها يا رسول الله؟ قال: بكل شعرة حسنة. قالوا: فالصوف يا رسول الله؟ قال: بكل شعرة من الصوف حسنة”
3- وكذلك: “يا فاطمة قومي إلى أضحيتك فأشهديها فإن لك بكل قطرة تقطر من دمها أن يغفر لك ما سلف من ذنوبك. قالت: يا رسول الله ألنا خاصة آل البيت أو لنا وللمسلمين؟ قال: بل لنا وللمسلمين”.
4- وكذلك: “استفرهوا –وفي رواية- عظموا ضحاياكم فإنها مطاياكم على الصراط – وفي رواية – على الصراط مطاياكم – وفي رواية – إنها مطاياكم إلى الجنة”.
5- وكذلك: “من ضحى طيبة بها نفسه محتسبا لأضحيته كانت له حجابا من النار”.
6- وكذلك: “إن الله يعتق بكل عضو من الضحية عضوا من المضحي – وفي رواية – يعتق بكل جزء من الأضحية جزءاً من المضحي من النار”.
7- وكذلك: “أن النبي صلى الله عليه وسلم نهى أن يضحى ليلاً”.
قال ابن العربي المالكي في كتابه عارضة الأحوذي6/288: “ليس في فضل الأضحية حديث صحيح وقد روى الناس فيها عجائب لم تصح”.

[Masalah ke-59: Hadits-hadits yang tidak shahih tentang kurban]:
Disana banyak terdapat hadits-hadits tentang kurban yang tidak shahih, diantaranya:

ما روي: “ما عمل ابن آدم يوم النحر عملا أحب إلى الله عز وجل من إهراق الدم، وإنها لتأتي يوم القيامة بقرونها وأشعارها وأظلافها وأن الدم ليقع من الله بمكان قبل أن يقع من الأرض فطيبوا بها نفسا”.

1. “Tidaklah salah seorang anak Adam beramal pada hari nahar (‘Idul adha) dengan sebuah amalan yang lebih dicintai Allah daripada mengalirkan darah (menyembelih binatang kurban), dan sesungguhnya dia(binatang sembelihan) akan datang pada hari kiamat dengan tanduknya, kukunya, dan bulu-bukunya. Dan sesungguhnya darah kurban tersebut sampai kepada Allah, sebelum mengalir ke tanah.” (Dhaif).

وكذلك: “يا رسول الله صلى الله عليه وسلم ما هذه الأضاحي؟ قال: سنة أبيكم إبراهيم. قالوا: فما لنا فيها يا رسول الله؟ قال: بكل شعرة حسنة. قالوا: فالصوف يا رسول الله؟ قال: بكل شعرة من الصوف حسنة”.

2. “Ya Rasulullah, apa sembelihan ini? Nabi menjawab, Sunnah Bapak kalian Ibrahim, mereka bertanya, lantas bagi kita apa? Nabi menjawab, Tiap-tiap satu rambutnya diganjar 1 kebaikan, Mereka bertanya lagi, lantas bulunya?, Nabi menjawab, Setiap helai dari bulunya adalah 1 kebaikan (hadits Maudhu’)

وكذلك: “يا فاطمة قومي إلى أضحيتك فأشهديها فإن لك بكل قطرة تقطر من دمها أن يغفر لك ما سلف من ذنوبك. قالت: يا رسول الله ألنا خاصة آل البيت أو لنا وللمسلمين؟ قال: بل لنا وللمسلمين”.

3. “Wahai Fatimah, berdirilah dekat sembelihanmu dan saksikanlah sembelihan itu karena sesungguhnya tiap-tiap tetes darah sembelihanmu akan menghapuskan dosamu yang telah lalu, Fatimah berkata, ya Rasulallah, apakah ini khusus bagi kami ahli bait atau bagi kami dan kaum muslimin? Nabi menjawab, ya bagi kita dan kaum muslimin. (Hadits Munkar)

وكذلك: “استفرهوا –وفي رواية- عظموا ضحاياكم فإنها مطاياكم على الصراط – وفي رواية – على الصراط مطاياكم – وفي رواية – إنها مطاياكم إلى الجنة”.

4. “Perbaguslah –dalam satu riwayat- gemukkanlah hewan kurban kalian, karena dia adalah tunggangan kalian di atas shirath- dan dalam satu riwayat- diatas shirat adalah sebagai tunggangan kalian- dan dalam satu riwayat- sesungguhnya dia adalah tunggangan kalian ke syurga.” (Dha’if)

وكذلك: “من ضحى طيبة بها نفسه محتسبا لأضحيته كانت له حجابا من النار”.

5. “Barangsiapa yang menyembelih kurban yang baik/bagus dan ikhlas menyembelihnya maka sembelihannya itu akan menjadi penghalang dirinya dari api neraka. (Hadits ini Maudhu’)

وكذلك: “إن الله يعتق بكل عضو من الضحية عضوا من المضحي – وفي رواية – يعتق بكل جزء من الأضحية جزءاً من المضحي من النار”.

6. Sesungguhnya Allah akan memerdekakan dengan tiap-tiap anggota tubuh dari hewan kurban satu anggota tubuh dari si pemilik kurban –dan dalam satu riwayat- Akan memerdekakan pada setiap anggota tubuh hewan kurban satu anggota tubuh dari si pemilik kurban dari neraka.”

وكذلك: “أن النبي صلى الله عليه وسلم نهى أن يضحى ليلاً”.

7. Artinya, “Bahwa Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam melarang berkurban di malam hari.”

قال ابن العربي المالكي في كتابه عارضة الأحوذي6/288: “ليس في فضل الأضحية حديث صحيح وقد روى الناس فيها عجائب لم تصح”.

Ibnu al-‘Arabi al-Mâliki dalam kitabnya ‘Âridhatul al-Ahwadzi 6/288 berkata, “Tidak ada satu hadits shahih pun tentang keutamaan berkurban, dan orang-orang banyak meriwayatkan hadits-hadits yang menakjubkan tentang kurban namun hadits tersebut tidak sah.”

المسألة التاسعة والخمسون: من ذبح أيام العيد وصنع وليمة بعد ذلك:
من أراد أن يذبح الأضحية أيام التشريق ويصنع وليمته بعد ذلك، فلا حرج ما دام الذبح وقع في أيام التشريق، لأن العبرة بالذبح وقد وقع صحيحاً معتبراً شرعاً.

[Masalah ke-60: Barangsiapa yang menyembelih pada pada hari-hari ‘Id dan membuat walimah setelahnya:]
Barangsiapa yang hendak menyembelih kurban di hari-hari tasyriq dan hendak membuat walimah setelahnya, maka hal itu boleh-boleh saja selama penyembelihan tersebut berlangsung pada hari-hari tasyriq, karena yang teranggap adalah sembelihannya dan sembelihan berlangsung secara benar dan teranggap oleh syariat.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: