//
you're reading...
Soal Jawab Ringkas

Malam Nisfu (pertengahan) Sya’bân, catatan amal ditutup?


Soal:
Benarkah cacatan amal ditutup pada malam nisfu Sya’bân?

Jawab:
Tidak benar. Tidak terdapat satu nash pun baik dari al-Qur`an maupun Sunnah yang shahih dari Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam yang menyebutkan bahwa catatan amal ditutup pada malam nisfu Sya’bân. Yang benar bahwa amal pada bulan itu diangkat menuju Allah tabârak wa ta’âla bukan ditutup. Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda ketika ditanya oleh Usâmah tentang puasa Sya’ban yang beliau lakukan:
ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ
“Ini adalah bulan yang sering dilalaikan banyak orang, bulan antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan dimana amal-amal diangkat menuju Rab semesta alam. Dan saya ingin ketika amal saya diangkat, saya dalam kondisi berpuasa.’” (HR. An Nasa’i 2357, Ahmad 21753, Ibnu Abi Syaibah 9765 dan Syuaib Al-Arnauth menilai ‘Sanadnya hasan’).

Bukan hanya dibulan Sya’bân, amal juga diangkat pada setiap hari senin dan kamis, serta pada penghujung siang dan penghujung malam.
Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda:
تُعْرَضُ أَعْمَالُ النَّاسِ فِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّتَيْنِ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ مُؤْمِنٍ إِلا عَبْدًا بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ : اتْرُكُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَفِيئَا.
“Seluruh amal manusia dihadapkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dua kali dalam sepekan. Yaitu pada hari Senin dan Kamis. Lalu Allah mengampuni dosa setiap hamba-Nya yang mukmin, kecuali orang yang bermusuhan. Maka dikatakan kepada mereka: tinggalkanlah dahulu kedua orang ini, sampai mereka berdamai.” (HR. Muslim 179).
Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda:
يَتَعَاقَبُونَ فِيكُمْ مَلائِكَةٌ بِاللَّيْلِ وَمَلائِكَةٌ بِالنَّهَارِ وَيَجْتَمِعُونَ فِي صَلاةِ الْفَجْرِ وَصَلاةِ الْعَصْرِ ، ثُمَّ يَعْرُجُ الَّذِينَ بَاتُوا فِيكُمْ فَيَسْأَلُهُمْ وَهُوَ أَعْلَمُ بِهِمْ : كَيْفَ تَرَكْتُمْ عِبَادِي ؟ فَيَقُولُونَ : تَرَكْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ وَأَتَيْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ.
“Para malaikat malam dan malaikat siang silih berganti mendatangi kalian. Dan mereka berkumpul saat shalat subuh dan ashar. Kemudian malaikat yang menjaga kalian naik ke atas hingga Allah Ta’ala bertanya kepada mereka -dan Allah lebih mengetahui keadaan mereka (para hamba-Nya)-, “Dalam keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaKu?” Para malaikat menjawab, “Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang mendirikan shalat. Begitu juga saat kami mendatangi mereka, mereka sedang mendirikan shalat.” (HR. Al-Bukhari no. 555 dan Muslim no. 632)

Ibnul Qayyîm berkata, “Amalan tahunan diangkat pada bulan Sya’ban; sebagaimana yang dikabarkan oleh ash-Shâdiqul mashdûq (Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam). Amalan mingguan dihadapkan (kepada Allah) pada setiap hari senin dan kamis. Sedang amalan siang diangkat pada akhir siang sebelum malam dan amalan malam di akhir malam sebelum siang. Pengangkatan amal pada siang dan malam hari lebih khusus daripada pengangkatan amal dalam setahun. Apabila seseorang telah meninggal maka semua amalan umurnya diangkat dan ditutup pulalah catatan amal.” (Lihat Hasyiyah Sunan Abu Dâwud)

Walhasil, barangsiapa yang beribadah dengan seperti ini, yakni meyakini bahwa catatan amal ditutup pada malam nisfu Sya’ban bagian dari syariat maka ia telah melakukan bid’ah. Sedang Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مَنْ عَمِلَ عَمَلًا لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ.
“Barangsiapa yang mengerjakan suatu amalan (ibadah) yang bukan ajaran kami maka hal itu tertolak”. [Muslim]

(Abu Halbas, Jember-Juni 2013).

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: