//
you're reading...
Fiqih

Shadaqallahu-l-‘Adzim


Soal:

Saya pernah mendengar bahwa ucapan ‘Shadaqallahul Adzim’ seusai membaca Al-Qur’an adalah bid’ah yang tercela. Benarkah? mengapa begitu? [WuluhanJember]

 

Jawab :

Benar , membaca shadaqallahul Adzim seusai membaca Al-Qur’an adalah perbuatan baru [bid’ah] yang tidak selayaknya dibaca oleh siapapun seuasai membaca Al-Qur`an. Untuk mengetahui alasan bid`ahnya maka berikut kami nukilkan fatwa Panitia Tetap Lembaga Riset Ilmiah, fatwa no. 3303 sebagai berikut:

‘Al-hamdulillah, segala puji bagi Allah semata. Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, keluarga dan para shahabatnya. Amma Ba’du.

Ucapan shadaqallahul adzim setelah selesai membaca Al-Qur’an adalah bid’ah, karena Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam tidak pernah melakukannya, demikian juga para khulafaur rasyidin, seluruh shahabat Radhiyallahu Anhum dan para imam salafus shalih, padahal mereka banyak membaca Al-Quran, sangat memelihara dan mengetahui benar masalahnya. Jadi, mengucapkannya setiap kali selesai membaca Al-Qur`an adalah perbuatan bid’ah yang diada-adakan.

Telah diriwayatkan dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, beliau bersabda, ‘Barangsiapa yang membuat sesuatu yang baru dalam urusan kami (dalam agama) yang tidak terdapat (tuntunan) padanya, maka ia tertolak.’  [HR. Al-Bukhari 2697 dan Muslim 1718]

      Hanya Allah-lah yang mampu memberi petunjuk. Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, keluarga dan para shahabatnya.’ Selesai.

 

Jember, 1433 H.

Abu Halbas Muhammad Ayyub

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: