//
you're reading...
Fiqih

Shalat Sunnah Sebelum Maghrib


Soal:

Adakah shalat sunnah sebelum pelaksanaan shalat Maghrib? Hal ini kami tanyakan, lantaran adanya kesimpangsiuran tentang itu. Jazâkumullah Khairan

 

Jawab:

Benar, sebagian orang ada yang yang mengingkari pelaksanaan shalat sunnah dua rakaat sebelum shalat maghrib. Namun pengingkaran ini jauh dari kebenaran karena tidak adanya dalil yang menyokong pendapat mereka itu. Sebaliknya, terdapat beberapa dalil  yang menunjukkan bahwa hal tersebut adalah sunnah namun tidak termasuk dari sunnah rawatib yang muakkad.

 

Dalil-Dalil Di Syariatkannya Shalat Sunnah Sebelum Maghrib

Diantara dalil-dalil di syariatkannya shalat sunnah dua rakaat sebelum maghrib adalah sebagai berikut;

  • Hadits Dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa Nabi Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, ‘Shalatlah dua rakaat sebelum maghrib, shalatlah dua rakaat sebelum maghrib, Kemudian beliau berkata untuk yang ketiga kalinya, ‘Bagi yang mau’. (Shahih. HR. Ahmad 5/55, Al-Bukhari 1129 dan Abu Dawud 1281)Al-Munawi berkata, ‘Didalam hadits ini terkandung disyariatkannya shalat dua rakaat sebelum maghrib. Keduanya adalah menurut pendapat yang shahih atau pendapat yang benar sebagaimana yang disebutkan didalam Al-Majmu’, keduanya adalah bagian dari sunnah rawatib yang tidak muakkad (ditekankan). (Faidhul Qadîr 4/265).
  •  Dari Anas Radhiyallahu ‘Anhu ia berkata, ‘Kami sewaktu di Madinah, jika muadzdzin telah selesai mengumandangkan azan maghrib, mereka para shahabat bergegas menuju penyangga (tiang) masjid lalu melakukan shalat dua rakaat, sampai-sampai  orang asing yang masuk kedalam masjid menyangka bahwa shalat (maghrib) telah usai lantaran banyaknya orang-orang yang melakukan shalat sunnah.’ (HR. Al-Baihaqi 2/476).
  •  Hadits dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, ‘Diantara setiap dua adzan (yaitu antara adzan dan iqamah) ada shalat –beliau mengulangi hal itu tiga kali- bagi yang mau.’ (HR. Al-Bukhari 624, Muslim 838)

 

Kesimpulan

Dari tiga hadits yang kami paparkan diatas maka jelaslah, bahwa shalat sunnah dua rakaat sebelum magrib adalah sunnah. Namun, tidak termasuk dari shalat sunnah rawatib yang muakkad. Wallahu ‘Alam

 

 

Jember, Rabiuts Tsani 1435 H

Abu Halbas Muhammad Ayyub

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: