//
you're reading...
Soal Jawab Ringkas

Menjalin Jari Jemari Di Dalam Shalat


Soal:

Kami pernah membaca hadits tentang larangan menjalin jari-jemari. Larangan ini berlaku waktu kapan? Harap penjelasannya! [Hamba Allah – Dukuh]

 

Jawab:

Larangan tersebut berlaku semenjak seseorang beranjak meninggalkan rumahnya untuk pergi ke masjid, sewaktu berada di jalan dan di masjid, sewaktu di dalam shalat, hingga ia kembali ke rumahnya lagi.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, ‘Apabila salah seorang di antara kalian berwudhu di rumahnya, kemudian mendatangi masjid maka semenjak itu ia terhitung di dalam shalat hingga ia kembali, maka janganlah ia mengerjakan seperti ini.’ Lalu beliau menjalin jari-jemarinya. [Shahih. HR. Al-Hakim 1/206. Lihat Shahihul Jami’ 455].

Dari Ka’ab bin Ujrah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

إِذَا تَوَضَّأَ أَحَدُكُمْ فَأَحْسَنَ وُضُوءَهُ ثُمَّ خَرَجَ عَامِدًا إِلَى الْمَسْجِدِ فَلا يُشَبِّكَنَّ يَدَيْهِ ، فَإِنَّهُ فِي صَلاةٍ 

Apabila salah seorang di antara kalian berwudhu lalu memperbagusi wudhunya, kemudian keluar dengan sengaja menuju masjid, maka janganlah ia menjalin antara dua (jari jemari) tangannya, karena sesungguhnya ia (dianggap) dalam shalat.’ [HR. Abu Dawud 562 dan dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahih Abu Dawud].

Yang dimaksud dengan menjalin jari-jemari di atas adalah memasukkan jari-jari tangan kanan ke celah-celah jari tangan kiri atau sebaliknya jari-jari tangan kiri dimasukkan ke dalam celah-celah jari tangan kanan. Dan perbuatan ini banyak dilakukan oleh jama’ah shalat di saat-saat menunggu takbiratul ihram dari imam.

Adapun mengenai hukumnya, maka ulama berbeda pendapat antara haram dan makruhnya. Imam An Nawawi dan Asy Syaukani lebih mengunggulkan keharamannya. Dan itulah pendapat yang unggul. Wallahu A’lam.

 

 

Jember, 2009

Abu Halbas Muhammad Ayyub

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: