//
you're reading...
Akhlak

Dan Anak-Anakmu Maka Doakanlah


Faktor lain yang sangat penting dalam mengasuh dan mendidik anak adalah banyak berdoa untuk mereka dan mengadukan pelbagai persoalan hanya kepada Allah ta’ala. Seorang ulama salaf berkata kepada anaknya, “Wahai anakku, demi Allah, saya memperbanyak shalat demi engkau, agar saya dipelihara oleh Allah dalam mendidikmu.”

Seorang mengadu kepada seorang ulama salaf tentang kerusakan anaknya. Ulama itu berkata, “Berdoalah untuk kebaikannya.” Orang itu berkata, “Saya telah mendoakan keburukan kepadanya.” Ulama itu berkata, “Engkau telah merusaknya dengan berdoa keburukan untuknya.”

Wahai para ayah, wahai para ibu! Semakin dalam ketakwaan kalian kepada Allah azza wa jalla, maka Dia pun akan semakin memelihara anak-anakmu. Sebab keshalihan orang tua sangat berfaedah bagi anak-anak mereka. Allah ta’ala berfirman, “Adapun dinding rumah adalah kepunyaan dua orang anak yatim dikota itu, dan dibawahnya ada harta benda simpanan bagi mereka berdua, sedang ayahnya adalah seorang yang shalih, maka Tuhanmu menghendaki agar supaya mereka sampai pada kedewasaannya dan mengeluarkan simpanannya itu, sebagai rahmat dari Tuhanmu.” [QS. Al-Kahfi : 82]

Setelah kalian bertakwa, tiada yang perlu kalian kerjakan selain memperbanyak dan mengkontinyukan doa demi kebaikan anak-anak kalian, agar mereka mendapat hidayah dan menjadi anak-anak yang shalih. Ini kewajiban kalian. Inilah misi kalian. Allah ta’ala bersama kalian dan Dia akan membimbing kalian. Dia tidak akan menyia-nyiakan perbuatan kalian. Sebaliknya, dia akan memberikan ganjaran bagi kalian dan akan menentramkan hati kalian.

 

[Dari kitab Iltizam oleh Syaikh Muhammad Husain Ya’qub]

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: